Cara Mengatasi Memory Internal OPPO Penuh (Tested)

Hallo Android Zone'r berjumpa lagi dengan kami, Kali ini saya akan bagikan tutorial cara mengatasi memory internal oppo penuh. Dengan banyaknya keluhan pengguna smartphone Oppo yang mengalami memori internal nya penuh dan tidak sesuai dengan spesifkasi sebenarnya. Contohnya pada ponsel tipe OPPO Yoyo, Joy dan Find 5 Mini, spesifikasi yang seharusnya memiliki ROM (Read Only Memory) sebesar 4GB, namun ketika di cek ternyata kapasitas penyimpanan aplikasinya jauh lebih kecil, yakni hanya dikisaran 1GB saja.

Sekedar catatan, OPPO memang menggunakan sistem pembagian memori internal yang terpisah (non unified) pada beberapa ponsel besutannya. Misal memori internal benar 4GB, tetapi itu dibagi lagi menjadi beberapa bagian partisi dengan komposisi 2GB untuk sistem, cache, dan lain sebagainya, 1GB untuk aplikasi, dan 1GB untuk penyimpanan data.

Cara Mengatasi Memory Internal OPPO Penuh (Tested)



Apabila anda kurang nyaman dan merasa memori internal ponselmu kekecilan, tidak perlu kuatir karena OPPO telah memberikan solusi untuk mengatasi hal tersebut. Adapun solusi itu ialah melalui Switch Partition . yang tujuannya untuk membuat partisi memori internal menjadi unified atau dengan kata lain penyimpanan sistem, aplikasi dan data-data akan disatukan.

Sebelum Melakukan Switch Partition Perlu diperhatikan beberapa hal.

  1. Switch partition akan menghapus semua data-data yang ada di memori internal. Untuk itu pastikan kamu sudah melakukan backup data.
  2. Pastikan ponsel OPPO kamu telah di update ke ColorOS versi baru. Ini dikarenakan menu switch partition di pengaturan ponsel hanya akan tersedia pada firmware yang sudah diperbarui sejak Januari 2015.

Cara Melakukan Switch Partition

  1. Di ponsel OPPO, silahkan masuk ke “Settings > More > Switch partition” berikutnya aktifkan option “Confirm to erase” lalu pilih “Switch partition
  2. Apabila ada keterangan warning, silakan pilih tombol “Ok” untuk memulai prosesnya.
  3. Jika proses switch partition selesai, maka memori internal ponsel OPPO akan disatukan menjadi satu partisi. Untuk memastikannya, lihat saja available space memori ponselmu.
Untuk diketahui, switch partition ini juga menjadi solusi jitu bagi kamu yang kerap menemukan pesan kesalahan “Tidak cukup ruang pada perangkat” saat coba menginstall aplikasi di ponsel OPPO yang disebabkan karena keterbatasan penyimpanan aplikasi defaultnya yang kecil (sebelum switch partition dilakukan).



Demikianlah tutorial cara mengatasi memory internal penuh pada smartphone oppo, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang lagi mencari tutorial ini, jika bermanfaat silahkan share & like ke media sosial favorite anda.
Cara Mengatasi Memory Internal OPPO Penuh (Tested) Rating: 4.5 Review By: Admin

Artikel Android Zone Lainnya :

Copyright © 2017 Android Zone - All Right Reserved.